Searching...

Popular Posts

Rabu, 19 Juni 2013

Belajar Bahasa Inggris: The Secret to a Longer Life

9:02:00 AM

Saya agak tergelitik waktu pulang cuti kemarin, saya mencoba menanyakan kepada keponakan saya yang duduk di kelas 2 SMP di desa saya, Mulyoasri. Saya menanyakan bagaimana pelajaran di sekolahnya, dan saya langsung menanyakan mengenai bahasa Inggris, karena merupakan salah satu momok pelajaran, terutama bagi orang pedesaan. Sebenarnya kita sudah mengetahui jika pelajaran bahasa inggris ini akan sulit jika kita tidak pernah berusaha untuk memahami dan mempraktikannya, ya tapi minimal tahu vocabnya lah walaupun kita tidak bisa mengetahui secara grammar. Kembali lagi ke topik ke keponakan saya tadi, saya menyuruhnya untuk mengambil buku pelajarannya, kemudian dia cuma punya soal-soal ujian tahun kemarin sebagai bahan latihan. Kemudian saya mencoba mencoba bertanya-tanya mengenai soal-soal yang ada, dan hasilnya 99% dia tidak ada yang bisa. Saya tanya arti dari vocab-vocab yang ada, hampir semua tidak tahu artinya, bahkan yang membuat saya heran, saya tanya artinya She dan He dia juga tidak tahu. Are you kidding me?!WTF...anak kelas 2 SMP belum tahu artinya She dan He.

Saya langsung tanya lagi," Lalu kamu di sekolah selama hampir 2 tahun ini di ajarin apa?"..katanya waktu di kelas, gurunya datang, kemudian hanya mengasih tahu jawaban dari soal-soal tersebut tanpa mengasih tahu prosesnya. Saya juga masih belum bisa memahami hal ini, ini gurunya yang salah atau muridnya, yang jelas saat ini sebagai perameter adalah muridnya masih belum mengerti bahasa inggris. Saya sebenarnya ingin sekali berbagi mengenai pelajaran bahasa inggris (tapi yang level dasar), terutama di desa saya. Tapi saya tidak punya waktu kecuali pada saat cuti saja, itupun cuma sama keponakan saya. Kemudian saya mempunyai ide, mungkin saya perlu ngomong ke teman saya yang juga menjadi guru di salah satu SD. Katanya dia juga ga bisa jika harus mengajar bahasa Inggris atau ngasih les ke anak-anak sekitar desa saya, jika Matematika dia sanggup. Pupus sudah harapan saya. Semoga jika ada orang sekitar ampelgading atau orang yang membaca blog ini yang bisa membagikan sebagian ilmunya, untuk berkunjung ke SMP di desa Mulyoasri Dukuh Mulyoagung.
Mungkin itu secuil kisah betapa tragisnya pendidikan di Indonesia, ini masih di Jawa Timur, salah satu propinsi yang maju di Indonesia, saya tidak bisa membayangkan bagaimana nasib saudara kita yang berada di Papua, NTT, Kalimantan.
Karena bahasa itu merupakan habitual activity, maka sebaiknya belajar bahasa inggris sesering mungkin, supaya otak kita bisa tidak perlu bekerja keras untuk menghafal, melainkan akan bekerja secara otomatis seperti kita bisa ngomong bahasa jawa tanpa kita harus membuka kamus bahasa jawa. Salah satunya kita harus sering membaca buku atau artikel yang berbau inggris.
Oke, tanpa basa-basi mari kita mulai saja artikel ini dengan berita supaya kita bisa hidup lebih lama.
Check it out..!!

Could this mouse help us to live longer?

Scientists believe they have found an area within the brain that controls the ageing process.
In a series of experiments on mice, they found that changes to this region could shorten or lengthen the animal's lifespan. The study is published in the journal Nature.

The hypothalamus is a small structure located deep within the brain. It plays a critical role in controlling growth, reproduction and metabolism - but now it could hold the key to ageing too.
A team of scientists in the US looked at this region of the brain in mice. They found that blocking a chemical in this area increased the animals' lifespan. Healthy mice typically live for between 600 to 1000 days.
But the rodents in the study were living about a fifth longer without suffering problems that are common in old age, such as muscle loss or memory problems. Conversely, when the scientists boosted the substance in the hypothalamus, the animal's lifespan was shortened.
The researchers now want to fully understand the biological mechanism behind this process. They say the work could provide new insights into age-related diseases - and in the future even raise the prospect of drugs that could increase our lifespan.

Vocabulary:
a critical role: peran penting
reproduction:reproduksi
metabolism: metabolisme
lifespan: jangka hidup, masa hidup
typically: pada umumnya, biasanya
common: umum
conversely: sebaliknya
boosted: menambah
biological mechanism: mekanisme atau cara kerja biologis
the prospect: prospek, kemungkinan, harapan

Reported by: Rebecca Morelle

Sumber: disini

0 komentar:

Posting Komentar