Searching...

Popular Posts

Senin, 17 Juni 2013

Repost: 5 Cara Cerdas Manfaatin Duit Gaji

10:52:00 PM
 Gajian adalah salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu orang selain... selain apa ya? Gak ada tuh kayaknya, hehehe… Nah, biar uang gajian nggak menguap gitu aja dan gajian cuma jadi kebahagiaan sesaat, ane punya tips cerdas buat memanfaatkan duit gajian, selain untuk alokasi kebutuhan sehari-hari. Apa aja tuh? Simak nih gan!
1. Nabung


Coba deh atur supaya beberapa persen dari gaji bulanan agan disisihkan buat tabungan. Gak harus banyak, yang penting rutin. Usahakan gaji yang udah ditabung jangan di otak-atik deh tuh, biar jadi simpenan yang bisa diandalkan di masa depan. Kalo perlu, pisahkan akun rekening antara tabungan dan dana operasional sehari-hari.

2. Investasi

www.bca.co.id

Selain nabung, agan juga bisa simpen uang gaji buat investasi. Bisa berupa deposito, reksadana, beli emas, dan lain-lain. Investasi bisa sangat menguntungkan kalau kita cerdas dalam ngatur keuangan dan cari peluang.


3. Asuransi

www.bca.co.id

Mungkin agan-agan ngerasa ngapain sih kita masih muda udah mainan asuransi. Eits, jangan salah. Agan sebaiknya mulai alokasikan uang untuk asuransi, baik itu asuransi kesehatan; jiwa; pendidikan; dan lain-lain. Jadi kalau –amit-amit– terjadi sesuatu yang nggak terduga, agan udah gak bingung cari uang dalam jumlah besar.

4. ‘Upeti’ untuk Orangtua

www.bca.co.id

Sebagai anak yang baik hati; berbakti; dan tidak sombong, hehehe, agan udah selayaknya menyisihkan sebagian gaji agan buat dikasih ke orangtua. Walau gaji nggak terlalu besar, pasti selalu bisa kok nyisihin buat orangtua. Karena apapun usaha yang kita lakuin, salah satu resep suksesnya adalah doa dan restu orangtua. Setuju?

5. Rekreasi

www.tempo.co

Untuk bisa mencapai hidup yang seimbang (work-life balance), alokasikan sebagian gaji agan untuk rekreasi. Aktivitas yang sifatnya leisure itu sangat penting untuk me-refresh pikiran sebelum menyiapkan diri kembali ke pekerjaan. Bahkan, dari rekreasi, agan juga bisa mendapatkan inspirasi dan wawasan, yang kemudian bisa dimanfaatkan di pekerjaan agan.

Nah, demikianlah 5 cara cerdas manfaatin duit gaji, diluar untuk alokasi dana kebutuhan sehari-hari. Intinya, kita harus pinter-pinter bikin perhitungan buat manfaatin gaji kita. Usahakan berpikir panjang ke depan, jadi gaji gak abis sia-sia atau sekedar pas-pasan cuma buat kebutuhan bulanan aja. Jadi, udah siap untuk bereksperimen cerdas di uang gaji bulan ini?

sumber: disini

0 komentar:

Posting Komentar